» » Imigrasi Batam Patok Rp 2,4 Juta Per Pasport

Imigrasi Batam Patok Rp 2,4 Juta Per Pasport

Ditulis Oleh: Redaksi | Selasa, 26 Januari 2016 | No comments


BATAM – Tingginya minat masyarakat untuk mengurus paspor di Kantor Imigrasi Batam dimanfaatkan oleh oknum-oknum petugas yang bekerjasama dengan para calo yang ada untuk meraup keuntungan besar.

Bak pesulap, para calo ini bisa memastikan pengurusan paspor kilat dengan biaya relatif mahal. Hebatnya lagi, para calo yang diduga sudah kongkalikong dengan petugas Imigrasi ini bisa menguruskan paspor meskipun dokumen yang dibutuhkan tidak lengkap.

Salah seorang perempuan setengah baya yang ditemui di Kantor Imigrasi Batam, pagi tadi Selasa (26/1/2016) mengaku baru ditawari oleh salah seorang calo untuk menguruskan paspor suaminya.

"Itu lihat aja sendiri, banyak calonya tuh. Tadi aja saya juga ditawarin, tapi saya tolak karena cuma mau memperpanjang aja," ujarnya.

Sementara itu, salah seorang anak muda mengaku baru saja melakukan negosiasi dengan salah satu calo untuk menguruskan paspornya. Ia mengaku terpaksa menggunakan jasa calo karena tidak memiliki dokumen yang lengkap.

"Tidak apa-apa mahal mas, saya juga tidak lengkap dokumennya. Yang penting paspor saya bisa jadi," ujarnya enteng.

Dikatakannya bahwa kesepakatan harga yang diperoleh dengan oknum calo tersebut sebesar Rp 1.700.000.

"Setelah tawar-menawar, jadinya Rp 1.700.000. Itu udah murah kok mas dibandingkan tetangga saya, yang dimintai calo Rp 2,4 juta," jelasnya.

Pantauan di kantor Imigrasi Batam, puluhan calo yang diduga sudah kongkalikong dengan oknum petugas Imigrasi ini tampak keluar masuk kantor sambil menenteng berkas-berkas. Mereka juga dengan terang-terangan melakukan transaksi dengan calon pemohon paspor di area kantor Imigrasi.(red/CR 02)
Baca Juga Artikel Terkait Lainnya