» » Wah!!! Bom Hidrogen Korut Bikin Rusia Ketakutan

Wah!!! Bom Hidrogen Korut Bikin Rusia Ketakutan

Ditulis Oleh: Redaksi | Rabu, 06 Januari 2016 | No comments



​RUSIA - Uji coba bom hidrogen yang dilakukan Korea Utara membuat negara Moskow cemas. Hal itu disampaikan dari kantor berita Rusia melalui juru bicaranya Kremlin Dmitry Peskov mengatakan bahwa Moscow mengaku "sangat cemas" akan rencana Korea Utara. Rabu, 6 Januari 2016

"Presiden Vladimir Putin memerintahkan untuk mempelajari secara serius hasil 'baca' dari seluruh pos monitor, termasuk monitor seismologi. Ia juga meminta analisis situasi jika uji coba bom sudah terkonfirmasi," kata Peskov, seperti dikutip Reuters.

Sementara itu, Komandan NATO, John Stoltenberg mengutuk aksi Korea Utara tersebut. Ia mengatakan, mereka harusnya sudah meninggalkan senjata nuklir.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri Jerman mengatakan, jika bom hidrogen terkonfirmasi, Jerman akan sangat mengutuk tindakan tersebut dalam jangka waktu yang lama.

Selanjutnya, juru bicara Kementerian Luar Negeri China, Hua Chunying, mengatakan, sejauh ini China tak memiliki pengetahuan soal uji coba miniatur bom hidrogen tersebut. Namun, Chunying mengatakan, China menentang keras tindakan Pyongyang itu.

Korea Utara mengaku telah melakukan uji coba bom hidrogen nuklir pada Rabu, 6 Januari 2016. Uji coba itu menimbulkan gempa berkekuatan 5,1 SR di sekitar area uji coba. Negara-negara di dunia mengecam keras aksi Korut itu.
Namun, negara yang tertutup itu mengatakan, senjata itu dibuat untuk mempertahankan diri. Korut juga mengancam akan menggunakan bom itu jika ada yang mengancam kedaulatannya. (Sumber VIVA.co.id)
Baca Juga Artikel Terkait Lainnya